Sekolah TK Strada Budi Luhur Bekasi selalu mempunyai program yang unik dan sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan para siswanya. Berbagai program terus dilakukan guna mengedukasi para siswa agar para siswa mengetahui banyak hal terutama yang berkaitan langsung dengan kebutuhan kehidupan sehari-hari. Kali ini adalah mengenal Kantor Pos Indonesia.

Sebagai Pengetahuan tambahan, mari menilik sejarah Pos Indonesia. Seperti dikutip dari laman https://www.posindonesia.co.id/id/content/sejarah-pos, Sejarah keberadaan Pos Indonesia begitu panjang, Kantor Pos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff pada 26 Agustus 1746 bertujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda. Sejak itulah pelayanan Pos telah lahir mengemban peran dan fungsi pelayanan kepada publik. Setelah Kantor Pos Batavia didirikan, maka empat tahun kemudian didirikan Kantor Pos Semarang untuk mengadakan perhubungan Pos yang teratur antara kedua tempat itu dan untuk mempercepat pengirimannya. Rute perjalanan Pos kala itu ialah melalui Karawang, Cirebon dan Pekalongan.

Pos Indonesia kini telah mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang per-pos-an Indonesia dengan memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki lebih dari 4.800 Kantor Pos, serta dilengkapi Electronic Mobile Pos di beberapa kota besar. Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid & terintegrasi. Sistem Kode Pos diciptakan untuk mempermudah proses kiriman Pos dimana tiap jengkal daerah di Indonesia mampu diidentifikasi dengan akurat.

Meskipun ditengah banyaknya pertumbuhan jasa pengiriman barang di seluruh Indonesia tetapi Pos Indonesia tetap berdiri kokoh dengan biaya pengiriman yang masih tergolong murah dan akurat sehingga masih banyak masyarakat mempercayai Pos Indonesia sebagai jasa pengiriman barang kebutuhannya.

Untuk itu, guna mengenal lebih jauh tentang Pos Indonesia, sekolah TK Strada Budi Luhur melakukan kegiatan berkunjung ke kantor pos yang berada di Jl. Lap. Serbaguna no.7 RT.002/009 Margahayu, Bekasi Timur pada Selasa (25/10/2023). Kegiatan ini dilakukan untuk menambah pengetahuan serta wawasan para siswa mengenai Kantor Pos dan manfaatnya.

Para pegawai kantor pos menyambut anak-anak dengan ramah lalu mereka pun mengajak para siswa melakukan room tour (menelusuri ruangan).

Setelah selesai melakukan room tour, anak-anak diajak menonton video tentang manfaat Kantor Pos Indonesia dan proses pengiriman barang atau paket baik antar kota maupun antar negara. Kemudian ditutup dengan kegiatan tanya jawab mengenai video yang sudah ditonton dan menyanyi lagu “Tukang Pos”

Para siswa tampak sangat gembira karena mendapatkan pengalaman baru dengan berkunjung ke Kantor Pos Indonesia. Jangan lelah untuk belajar menambah ilmu pengetahuan ya teman-teman.!

Sebarkan artikel ini